Jumat, 14 Juni 2019


A.   MENGIDENTIFIKASI KASUS DAN ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH DARI KASUS TERSEBUT

B.     WACANA KASUS
Seorang guru kelas 1 mengajar di SDN 7 Gegelang  yang beralamat di Br.Bukit Abah, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten  Karangasem mempunyai siswa berjumlah 10 orang,  terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Dari kesepuluh siswa kelas 1 tersebut tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam belajar,mereka mempunyai bakat, minat, dan karakter yang berbeda baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dari sepuluh siswa tersebut  , 7 siswa sudah lancar membaca dan menulis,2 siswa masih membaca mengeja,dan 1 siswa belum bisa membaca. Suatu hari guru mengajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan, guru langsung menjelaskan dan memberikan contoh dipapan tulis. Saat guru menjelaskan, dari sepuluh siswa ada yang mengganggu teman sebangkunya, ada yang fokus mendengarkan penjelasan dari guru Setelah selesai menjelaskan guru bertanya kepada siswa ‘apakah anak-anak sudah paham yang ibu jelaskan? Anak-anak menjawab’ sudah bu’..., setelah itu langsung menyuruh anak-anak mengerjakan soal yang ada di buku paket, setelah pekerjaaan selesai dan diperiksa hasilnya sangat mengecewakan, karena hanya 1 anak yang dapat menjawab dari 10 anak dalam kelas.
C.     Identifikasi permasalahan
1.      Guru mengajar matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan
2.      Guru tidak melakukan apersepsi dan kegiatan awal pembelajaran
3.      Guru tidak menggunakan media/ alat peraga dalam pembelajaran
4.      Dalam  kegiatan inti guru menjelaskan materi penjumlhan dan pengurangan langsung memberi contoh di papan.
5.      Dari pemeriksaan terhadap lembar kerja siswa didapat hasil yang mengecewakan karena hanya 1 anak yang dapat memjawab dari 10 anak dalam kelas.
D.    Rumusan permasalahan
1.      Mengapa prosedur pembelajaran yang dilakukan guru kelas 1 tidak memberikan hasil yang memuaskan?
E.     Penyebab permsalahan
1.      Guru tidak melakukan apersepsi dengan baik, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa, serta tidak memfokuskan perhatian siswa.
2.      Guru tidak menggunakan media/ alat peraga pembelajaran



F.      Alternatif  permasalahan
Pemecahan masalah didasari permasalahan yang dimunculkan, yaitu:
1.      Guru harusnya melakukan apersepsi dengan baik, dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, serta memfokuskan perhatian siswa.
2.       Guru harus cermat dalam memilih media yang akan digunakan dalam pembelajaran, disesuaikan dengan karakteristik siswa, lingkungan, dan materi yang akan disampaikan.
3.      Dengan memperhatikan kompleksitas dan keunikan proses pembelajaran,  ketepatan pemilihan media dan metode pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap hasil atau prestasi belajar siswa. Dalam memilih media, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang terbaik adalah media yang ada. bagaimana guru dapat mengembangkannya secara tepat dilihat dari isi, penjelasan pesan dan karakteristik siswa.
Dalam proses pembelajaran media mempunyai arti yang cukup penting karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan dapat disederhanakan dan keabstrakan dapat di konkritkan dengan adanya media. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah kartu bilangan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Santoso, 2003: 392) definisi dari kartu adalah kertas tebal berbentuk persegi panjang (untuk berbagai keperluan, hampir sama dengan karcis). Sedangkan bilangan merupakan banyaknya benda, jumlah, ide yang bersifat abstrak yang bukan simbol atau lambang, yang memberikan keterangan mengenai banyaknya anggota himpunan. Dalam hal ini yang dimaksud kartu bilangan adalah kertas persegi panjang yang tebal digunakan untuk berbagai keperluan dalam pembelajaran matematika dengan permukaan bertuliskan bilangan cacah mulai dari bilangan 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA : SANG NYOMAN BANGBANG KUSUMA JAYA NIM    : 834786947 NO. KARYA YANG DIBUAT IDE DAN GAGASAN ...