Senin, 04 Juli 2011

Mengisi liburan

Add caption
             


              Liburan adalah suatu hal yana diminati siswa-siswa setelah menyelesaikan studinya di sekolah dimana semua tes yang diadakan dapat diikuti dengan mendekati sempurna baik ulangan harian ,ulangan umum maupun Ujian Sekolah dan Ujian Nasional bagi siswa kelas 6 atau kelas 9 atau kelas 12. Liburan sangat mengasyikkan dan bermanfaat kalau kita mampu mengisinya dengan hal-hal yang positif seperti membantu orang membuat dagangan atau kita jalan-jalan ke MOL aduh amat mengasyikkan.
               Nah disini peran orang tua sangat diperlukan untuk meluangkan waktunya beberapa hari untuk mendampingi anak-anaknya liburan.Di sungai kita perkenalkan benda-benda  yang terdapat di sungai seperti ada batu ,pasir, air maupun sampah -sampah yang berserakan. Untuk anak-anak yang lebih tinggi umurnya kita berikan penjelasan sebab akibat pembuangan sampah ke sungai sehingga anak-anak kita bisa memadukan pengetahuannya di sekolah dengan kenyataan yang di lihat. Kalau kita lihat air sungai masih bersih kita ajak anak-anak kita mandi  bersama-sama dengan menjelaskan bahwa mandi di tempat umum harus menggunakan etika yang sopan seperti masih menggunakan celana dalam jangan sampai telanjang bulat.
                Sedangkan kalau liburan di rumah bisa kita isi dengan mengajarkan anak-anak kita membuat rangkai ketupat atau rangkaian janur yang lain  (jejahitan) yang bisa kita jual di pasaran. Rangkaian janur yang mudah dulu seperti membuat canang cawu, canang genjer dan lingis miik.
                Kita manfaat waktu liburan ini sehingga hati senang dan dapat menghasilkan uang. Kalau liburan hanya diisi dengan diam saja pasti membosanka ya kan?
                Nah ........sahabat blog mari kita ajak anak-anak untuk maju dan berkreasi.

1 komentar:

  1. Saya setuju apabila semua orang tua mau dan berusaha meluangkan waktunya pada kesempatan liburan anak untuk diisi dengan hal-hal yang bermanfaat

    BalasHapus

NAMA : SANG NYOMAN BANGBANG KUSUMA JAYA NIM    : 834786947 NO. KARYA YANG DIBUAT IDE DAN GAGASAN ...