Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : 4 / 1
Pertemuan : 1 x Pertemuan
Alokasi Waktu : 1 x 90 menit
1. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah ,kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota
dan propensi.
2. Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan eko
nomi di lingkungan setempat.
3.Indikator
Ø Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi.
4. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi.
5. Materi Pembelajaran
Sumber daya alam kita.
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh tuhan dan dapat di manfaatkan untuk
memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam menurut macamnya ada 2 yaitu sumnber
daya alam yang dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui. Sumber daya
terbaharui adalah tanah, hutan, hewan, air dan udara. Sedangkan sumber daya alam tak terbaharui adalah
bahan tambang mineral logam, bahan tambang mineral bukan logam, dan bahan tambang sumber –
tenaga( energy).
6. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah dan informasi
Ø Diskusi / koopratif
Ø Tanya jawab
Ø Demonstrasi
Ø Tugas
Ø Kerja kelompok
7. Langkah Langkah Pembelajaran
-Kegiatan awal
Ø Menyiapkan peserta didik secara psikis dan pisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
Materi yang akan di pelajari.
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran / kopetensi dasar yang akan di capai.
Ø Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
- Kegiatan inti
a. Eksplorasi
Ø Mengamati manfaat bermacam-macam hewan dan tumbuhan.
Ø Mendiskusikan manfaat bermacam-macam hewan dan tumbuhan.
Ø Menyimak penjelasan pengertian sumber daya alam.
b. Elaborasi
> Mengidentifikasi manfaat bermacam-macam hewan dan tumbuhan
> Mencatat hasil diskusi
> Mempresentasikan hasil diskusi
> Mejelaskan pengertian sumber daya alam
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø Memberikan umpan balik positip dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan ,isyarat
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber.
Ø Memfasilitasi peserta didik untuk memproleh pengalaman yang bermakna dalam -
Mencapai kompetensi dasar:
a. Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik
yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. Membantu menyelesaikan masalah.
c. Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Menyimpulkan materi tentang
a. Sumber daya alam kita.
-Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø Bersama-sama dengan peserta didik / sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan seca
ra konsiten dan terprogram.
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konsling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun
Kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø Memberikan PR ( Jelaskan perlunya menjaga sumber daya alam kita ! ) .
8. Sarana dan Sumber Belajar
1. Sarana : Peta wilayah
2. Sumber belajar :
- Buku IPS kelas IV. Tantya Hisnu P., dkk.2008.
Ganeca Exact : Jakarta.
9. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan
3. Perbuatan
10. Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar
1. Apakah yang di maksud dengan sumber daya alam ?
2. Sebutkan hewan ternak yang di manfaatkan tenaganya !
3. Sebutkan sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi !
4. Sebutkan hewan ternak yang dimanfaatkan dagingnya !
5. Terdiri dari apa saja sumber daya alam hayati
Jawaban
1. Sumber daya alam adalah segala macam kekayaan alam yang dapat di manfaatkan oleh
manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
2. Kuda , Sapi, Unta,kerbau.
3. Pertanian , perkebunan perikanan,peternakan, kehutanan.
4. Kambing
5 .Air, udara, tumbuhan, hewan, sinar matahari
Skor Penilaian
NO | JENIS SOAL | JUMLAH SOAL | BOBOT SOAL | JUMLAH SKOR | SKOR MAKSIMUM |
1 | Uraian | 5 soal | No. 1 skor 2 No. 2 skor 2 No. 3 skor 2 No. 4 skor 2 No. 5 skor 2 | 10 | 10 |
Rumus :
N = Skor Prolehan x 100
Skor maksimum
Tindak Lanjut
# Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan di adakan remidi dan bagi yang
sudah mencapai ketuntasan akan di berikan pengayaan.
Mengetahui, Bukit Abah, ……………………. Kepala Sekolah Guru Kelas/Guru mata pelajaran
I WAYAN SELAMET S.Pd . SANG N.BANGBANG KUSUMA J,S.Pd
Nip 19541231 197701087 Nip.197209291996061002