Jumat, 01 Juli 2011

Janur

Perlambang Daun Janur Kuning dari Pohon Kelapa    
           Janur adalah daun muda pohon kelapa yang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat rangkaian upacara Agama Hindu. Rangkai Daun kelapa ini disebut jejahitan.Jejahitan banyak ragamnya dan namanya pun berbeda-beda. Seperti Rangkain janur ( jejahitan ) yang disebut Tulung Urip. Tehenan, sampian canang cawu ,lis dsb.Rangkain janur (jejahitan ) mempunyai makna yang dalam sekali. Saya ambil contoh Rangkaian janur  (jejahitan ) Sampian..Kata sampian sama diartikan dengan hewan sapi yang merupakan kendaraan Dewa Siwa.Jadi dengan adanya Upacara yang dilengkapi  dengan sampian berarti sujud dan bakti kita sebagai agama hindu diantar melalui sampian yang diibaratkan dengan sapi  sehingga sampai kehadapan Dewa Siwa sebagai penguasa alam semesta. Tulung urip diibaratkan bahwa Dewa Siwa memberikan kehidupan pada umat manusia sehingga dapat hidup dan berkembangbiak. Tehenan diibaratkan dengan ketahanan yang diberikan oleh Dewa Siwa agar  manusia mampu bertahan dari segala rintangan demi mencapai Moksatam Jagatdita Yaca Iti Dharma.
             Janur menurut agama Muslim , Daun janur difungsikan sebagai penghias pesta perkawinan sehingga muncul istilah Janur Kuning Berkembang " Istilah Janur kuning berkembang adalah merupakan sudah menjalani upacara perkawinan dan sudah sah. Daun Janur kuning baik Agama Hindu maupun Agama Islam sama-sama menggunakan Daun Janur sebagai bahan membuat ketupat. Pada Agama Islam hanya mengenal Ketupat Nasi yang besar sedangkan Pada Agama Hindu  mengenal banyak nama ketupat yang bentuknya berbeda-beda seperti Ketupat Kukur berbentuk burung, Ketupat Sirikan, ketupat pengambeyan,ketupat nasi ,ketupat Taluh,dan banyak lagi nama ketupat yang ada.
             Menurut saya Daun Janur melambangkan suatu pesan dari Tuhan Yang Maha Esa agar kita berpikir bahwa kata janur adalah jadikan nuranimu ( Ja - Nur ) sebagai alat untuk mencari kebahagian sesuai dengan agama kita anut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA : SANG NYOMAN BANGBANG KUSUMA JAYA NIM    : 834786947 NO. KARYA YANG DIBUAT IDE DAN GAGASAN ...